• Taman Ayun Temple
  • Mount Batur & Lake
  • Tanah Lot
  • Besakih Temple

KONTAK KAMI

  • KONTAK PERSON
  • Ibu Ni Wayan Suweci
  • Bpk I Putu Arsasusila
  • 0812-3963-0889
  • NO. TELEPON
  • Hotline
  • 0812-3963-0889 (TELKOMSEL)
  • infopaketliburanbali@gmail.com
KANTOR KAMI :

Jl. Pandu, Gg Tegal Harum No 14, Banjar Dukuh, Desa Dalung, Kuta Utara, Badung, Bali-Indonesia 80361

Sewa Villa Di Bali

Sewa Mobil Di Bali Yang Terpercaya

Paket Wisata Nusa Penida Bali

Paket Honeymoon Bali Private Pool

Paket Liburan Bali Dengan Hotel

Paket Wisata Bali Keluarga

Paket Wisata Bali Tanpa Hotel

Paket Tour Bali 1 Hari

Aktivitas Wisata Di Bali

 

Batur Global Geopark Bali

Indonesia saat ini telah memiliki geopark pertama. Yaitu Batur Global Geopark Bali yang ditetapkan oleh Global Geopark Network (GGN)_(UNESCO) pada tanggal 20 september 2012 di Portugal. Dengan demikian museum gunung api batur dapat berfungsi sebagai jendela informasi gunung api di Indonesia sesuai dengan fungsinya. Yaitu menyimpan , meneliti, memamerkan berbagai hal terkait kegunung apian. Diantaranya, menjelaskan mengenai pembentukan gunung api, material hasil letusan gunung api, tipe letusan. Dan bentuk gunung api, sebaran gunung api, sejarah dan manfaat gunung api di Indonesia.

Sejarah Museum Gunung Api

Indonesia memiliki 500 gunung api. 127 diantaranya dikategorikan sebagai gunung api aktif dan jumlah gunung api tersebut menempati 13% komposisi gunung api aktif di dunia

Berdasarkan kondisi tersebut diatas. DPR melalui komisi VII pada tanggal 11 Juni 2002 mengusulkan kepada pemerintah RI agar membangun museum gunung api. Sebagai respon usulan tersebut. Pada tanggal 9 Juli dan 14 Juli 2002 dilakukan pertemuan antara direktorat Vulkanologi dan mitigasi Bencana Geologi, Direktorat Jenderal Geologi dan Sumber Daya Mineral Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral, Bupati Bangli, Bappeda Bangli dan DPRD Kabupaten Bangli untuk membahas rencana pembangunan Museum Gunung Api Batur. Pada tanggal 19 nopember 2002 dilangsungkan penandatanganan kerjasama antara Direktorat Vulkananologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Direktorat Jenderal Geologi dan Sumber Daya Mineral Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral dengan Bappeda Kabupaten Bangli.

Selanjutnya pada tanggal 10 Februari 2004 di Jakarta, diadakan penandatanganan perjanjian kerjasama antara Direktur Jenderal Geologi Sumber Daya Mineral Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral RI, dengan Gubernur Bali dan Bupati Bangli serta dengan dengan Direktorat Jenderal Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam Departemen Kehutanan RI, berkaitan dengan pemanfaatan taman wisata alam penelokan seluas 1,09 Hektar untuk pembangunan Museum Gunung Api Batur.

Peletakan batu pertama pembangunan Batur Global Geopark Bali dilakukan tanggal 26 Maret 2004 oleh Direktur Jenderal Geologi Sumber Daya Mineral Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral, Gubernur Bali dan Bupati Bangli serta diresmikan tanggal 10 mei 2007 oleh menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Purnomo Yusgiantoro

Mulai tanggal 22 Desember 2011, berdasarkan perjanjiankerjasama antara Pemerintah Kabupaten Bangli dengan Badan Geologi mewakilimPemerintah Pusat, penyelanggaraan operasional Batur Global Geopark Bali mulai dari perencanaan, pelaksanaan sampai evaluasi, serta pengembangannya menjadi tanggung jawab Pusat cq UPT Museum Geologi, Badan Geologi KESDM.

Pengertian Gunung Api Secara Umum

Gunung api secara umum diartikan sebagai tempat keluarnya magma ke permukaan bumi membentuk suatu kerucut terpancung yang mana dipuncaknya terdapat kawah dan kadang-kadang terisi air menjadi danau (danau kawah)

Magma adalah suatu cairan pijar yamg terdapat di dalam lapisan kulit bumi dengan suhu 10000 C, mempunyai sifat fisika dan kimia tertentu, terdiri dari unsur-unsur yang bila sudah membeku disebut batuan beku.

Gunung Api diklasifikasikan kedalam 4 sumber erupsi yaitu:

  1. Erupsi Pusat, yaitu erupsi yang terjadi dimana magma keluar melalui kawah utama
  2. Samping, erupsi yang terjadi dimana magma keluar dari lereng tubuh gunung api.
  3. Erupsi celah, erupsi yang muncul pada rekahan/sesar memanjang sampai beberapa kilometer.
  4. Eksentrik, yaitu erupsi berupa magma yang keluar bukan dari kepundan pusat melainkan langsung dari dapur magma melalui kepundan itu sendiri.

Jenis Struktur Gunung api

  1. Kawah, yaitu bentuk morfologi negative dari kawah atau depresi akibat kegiatan suatu gunung api, bentuknya relative bundar.
  2. Struktur kaldera, yaitu bentuk morfologinya seperti kawah tetapi garis tengahnya (diameternya) lebih dari 2 kilometer
  3. Rekahan dan Graben, retakan-retakan atau patahan pada tubuh gunung api yang memanjang mencapai puluhan kilometer dan dalamnya mencapai ribuan meter. Rekahan parallel yang mengakibatkan amblasnya blok diantara rekahan tersebut, dinamakan Graben.
  4. Struktur Depresi tektonik Gunung Api (Volcano tectonic), Pembentukan ditandai dengan deretan pegunungan yang berasosiasi dengan pembentukan gunung api akibat ekspansi volume besar magma asam ke permukaan yang berasal dari kerak bumi. Depresi inidapat mencapai ukuran puluhan kilometer dengan kedalaman ribuan meter.

Demikian informasi singkat mengenai sejarah Batur Global Geopark Bali yang dapat kami bagikan. Semoga informasi tersebut dapat menambah wawasa kita semua.

Dikutip dari: guide book Museum Gunung Api Batur

Untuk informasi mengenai paket tour kintamani murah untuk menikmati keindahan gunung batur dapat menghubungi:

Paket Liburan Bali

Alamat

Jalan Pandu Gg Tegal Harum No 14 Br Dukuh Dalung kuta Utara, Badung Bali 80361

Contact person

Ibu Ni Wayan Suwci

WA 0812-3963-0889

Website

www.paketliburanbali.com